Review “Need for Speed: Shift”


Need for Speed: Shift 






Game Need for Speed: Shift ini adalah game ke – 13 dari seri game racing Need for Speed. Game ini dibuat oleh Slightly Mad Studios, dipublikasikan oleh Electronic Arts dan dirilis pada tanggal 15 September, 2009 yang lalu. Game Need for Speed: Shift ini berbeda dengan game-game Need for Speed seri sebelumnya, game ini lebih fokus ke simulasi racingnya.
Di game ini ada 65 lebih mobil yang bisa kalian pakai untuk balapan, dari mulai Toyota Corolla GTS (A86) tahun 1986 hingga Ford Shelby GT500 tahun 2010. Mobil yang terpampang di cover game ini adalah mobil BMW M3 GT2. Track balapan di game ini ada 18 lebih, ada track yang nyata seperti Silverstone, Donington Park dan Mazda Raceway Laguna Seca, dan ada juga track yang fiksi.

Spesifikasi Hardware & Software

Berikut spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh game Need for Speed: Shift dan spesifikasi komputer saya pada saat saya memainkan game ini:

  1. Sistem operasi minimum: Windows XP (SP3) atau Windows Vista (SP1) atau Windows 7, Sistem operasi saya: Windows XP Professional (32-bit, SP3).
  2. Processor minimum: Intel Core 2 Duo 1.6 GHz atau AMD X2 3600+, Processor saya: Intel Pentium Dual-Core E5200 (2.50GHz).
  3. VGA minimum: 256 MB dan mendukung Pixel Shader 3.0, VGA saya: Gigabyte ATI Radeon HD 5770 1GB GDDR5 (support DirectX 11, Pixel Shader 5.0, OpenGL 3.1).
  4. Memory minimum: 1.0 GB (Windows XP) atau 1.5 GB (Windows Vista/Windows 7), Memory saya: Kingston 2GB PC2-6400.

Need for Speed: Shift (Settingan Graphic) Dengan spesifikasi komputer seperti yang saya sebutkan di atas, walaupun spesifikasi processor saya agak sedikit rendah, tetapi saya bisa memainkan game Need for Speed: Shift ini dengan settingan graphic High. Saya tidak merasakan adanya gerakan yang lambat atau patah-patah selama memainkan game ini. Ya.. game ini rasanya lebih ringan dibandingkan game Collin McRae: Dirt 2 yang juga sempat saya review beberapa waktu yang lalu.

Review Game

Need for Speed: Shift (Intro) Setelah proses instalasi selesai saya pun langsung menjalankan game ini, seperti biasa hal pertama yang akan kita lihat adalah intro game. Intro game Need for Speed: Shift ini sangat bagus menurut saya, intronya membuat saya jadi ikut merasakan adrenalin yang dirasakan oleh pembalap yang sedang membalap di intro game tersebut. Hati saya pun langsung tak sabar ingin menggeber mobil saya mencapai batas maksimalnya, tapi apa yang terjadi ketika pertama kali saya membalap di game ini dan menyentuh tombol ke kiri dan ke kanan di keyboard saya ?? mobilnya tidak bergerak secara instant, ya.. ada jeda barang beberapa miliseconds. Hal tersebut membuat mobil menjadi susah untuk dikendalikan, akibatnya keluar jalur atau mobil melintir pun kerap terjadi. Jeda beberapa miliseconds tersebut tidak hanya terjadi untuk tombol ke kiri dan ke kanan saja, tombol gas dan rem pun sama seperti itu, entah ini bugs atau sang pembuat game sengaja membuatnya seperti itu, yang jelas hal tersebut membuat kenikmatan saya dalam membalap di game ini menjadi tertunda cukup lama, ya.. saya musti terbiasa dulu dengan control game seperti itu.

Need for Speed: Shift (Racing Line) Hal baru yang saya temukan di game ini dan tidak saya temukan di game-game Need for Speed sebelumnya adalah panduan racing line di atas aspal, ya.. di game ini kalian akan melihat alur-alur panah berwarna hijau di atas aspal sirkuit yang warnanya bisa berganti ke merah dan kuning. Warna hijau artinya kita bisa menekan gas, warna merah artinya kita harus menekan rem, sedangkan kalau kuning kita bisa melepas rem dan gas kemudian mengontrol mobil. Saya rasakan balapan terasa lebih mudah jika kita mengikuti racing line tersebut, musuh di belakang pun rasanya jadi kesulitan menyusul kita jika kita mengikuti racing line tersebut. Cuman karena mengontrol mobil menggunakan keyboard di game ini cukup susah, untuk bisa selalu mengikuti racing line tidaklah gampang. Di game ini kalian akan menemukan fitur-fitur yang bisa membantu kalian dalam mengontrol mobil, fitur-fitur tersebut adalah steering assist, braking assist, anti-lock brakes, traction control dan stability control. Kalau saya sih mengaktifkan semua fitur tersebut kecuali satu yaitu braking assist, ya.. karena saya suka sekali melakukan late braking dan membalap sedikit gila :) jadi saya matikan saja fitur tersebut. Kalau fitur brake assist ini dinyalakan maka mobil kalian akan otomatis mengerem ketika racing line di atas aspal berubah menjadi warna merah.

Need for Speed: Shift (Klasifikasi Mobil) Mobil-mobil balap di game Need for Speed: Shift ini diklasifikasikan menjadi 4 tier plus 1 klasifikasi khusus untuk mobil drift, tier pertama berisi mobil-mobil biasa seperti Ford Focus ST, tier kedua berisi mobil-mobil sports seperti Porsche Cayman S, tier ketiga berisi supercar seperti Lamborghini Gallardo, dan yang terakhir yaitu tier keempat berisi mobil-mobil hypercar seperti Bugatti Veyron. Event-event balapnya pun dibagi-bagi berdasarkan tier-tier tersebut. Entah perasaan saya saja atau karena saya sudah mulai terbiasa, mobil tier 3 seperti Lamborghini Gallardo rasanya lebih mudah diajak balap, ya.. walaupun tenaganya lebih besar tapi steernya lebih responsif dan remnya juga lebih pakem, jadi mengajak mobil sambil menari di belokan pun rasanya lebih mudah dan mengasyikkan :)

Kesimpulan

Need for Speed: Shift (Ditemani Crew) Pada awalnya membalap di game ini terasa sangat susah, ya.. karena permasalah control keyboard yang agak-agak ada delay-nya itu, bahkan untuk tetap berada di jalur track sekali pun cukup susah pada awal-awal balapan, tapi setelah kalian terbiasa maka kalian akan merasakan asyiknya, apalagi kalau sudah bisa beli mobil-mobil bertenaga liar. Kualitas graphicnya bagus, detail mobil bagus, gedung-gedung, pohon-pohon, aspal, tanah, pasir, pengaman track seperti cone dan ban-ban di pinggir lintasan semuanya terlihat bagus, dan penonton-penontonnya juga terlihat realistis. Saya suka dengan crowd penontonnya, ada yang meninju-ninjukan tangan memberi semangat, melambai-lambaikan bendera, dan satu lagi yang saya suka dari game ini yaitu ketika akan balapan kita ditemani oleh para crew, bahkan fotografer juga ada loh, jadi atmosfir balapnya semakin terasa lah. So.. buat kalian penggemar game balap yang suka dengan tantangan dan tidak mudah menyerah walaupun keyboard controller di game ini cukup menyusahkan, game ini saya rekomendasikan buat kalian, saya kasih nilai 93 untuk game ini.



No Response to "Review “Need for Speed: Shift”"

Leave a Reply

makasi atas saran dan infonya

 
powered by Blogger | For Blogservices