Call of Duty: Black Ops

Tidak bisa dipungkiri lagi, Call of Duty sekarang ini merupakan dewa di dunia game shooter. Buktinya, franchise tersebut sudah berhasil terjual jutaan unit dan sekarang, setting yang digunakan juga sudah lebih berkembang dibandingkan dengan sebelumnya. Apabila dulunya franchise tersebut selalu mengambil setting Perang Dunia II,
maka kali ini settingnya telah berubah menjadi perang di dunia modern yang penuh dengan peralatan tempur yang super canggih. Sekarang, telah muncul game baru, hasil ciptaan dari Treyarch, Call of Duty: Black Ops. Bisa dikatakan, game tersebut merupakan versi sempurna dari Call of Duty: Modern Warfare 2 dan jujur saja, kami merasa sangat puas dengannya.

Kamu akan memulai permainan sebagai Alex Mason, seorang prajurit yang sedang diinterogasi demi mendapatkan informasi yang bahkan dirinya sendiri pun tidak ingat. Nantinya, kamu akan memainkan game ini dengan menggunakan setting dalam ingatan Mason untuk mencari tahu informasi yang dimaksud oleh sang interogator.

Nah, sebelum kami mulai membicarakan mengenai kelebihan yang ada dalam game ini, mungkin ada baiknya kami menceritakan terlebih dahulu apa saja yang menjadi kelemahan dari game ini. Black Ops memiliki jalan cerita yang terkesan linear. Belum lagi AI komputer yang mengendalikan karakter lain, baik kawan maupun lawan, semuanya tidak sepintar yang diharapkan. Semua AI yang ada disini sering sekali melakukan sesuatu yang cenderung bodoh dan kadang justru menyusahkan. Ditambah lagi dengan beberapa masalah pada desain yang ada di game ini.





Walau demikian, kami tidak merasa bahwa masalah tersebut bisa menurunkan minat kami untuk memainkan game ini. Kenapa? Karena sebenarnya, game ini memiliki jalan cerita yang cukup menarik dan kami rasa, jalan cerita dari Black Ops ini merupakan jalan cerita terbaik yang pernah kami temukan sejauh ini. Semua karakter yang ada telah didesain sedemikian rupa sehingga benar-benar terlihat cocok dan sangat mendalami. Bahkan plot jalan ceritanya pun nyaris tidak pernah mengecewakan.

Saat mendengar Call of Duty, tentunya yang akan dipikirkan oleh kebanyakan gamer sekarang ini adalah mode multiplayernya. Sekali lagi, Treyarch berhasil menyajikan itu dengan baik. Kamu akan menemukan banyak sekali mode-mode yang cukup mirip dengan Modern Warfare 2. Salah satu perubahan yang paling signifikan disini adalah penggunaan CoD Points. Dengan mendapatkan experience dan meningkatkan level karakter kamu, nantinya secara otomatis kamu akan bisa membuka lebih banyak lagi slot untuk menciptakan custom class, adanya Create-A-Class, mode baru untuk dimainkan serta adanya beberapa senjata tertentu dan bonus yang bisa kamu beli. Sedangkan semua benda-benda yang ada dalam game ini seperti senjata, bonus, embel-embel untuk penampilan karakter, emblem dan warna retikul bisa kamu beli dengan menggunakan CoD Points.

Kami akui, sistem yang satu ini akan terasa sangat menyulitkan saat pertama kali kamu mainkan, terutama apabila kamu masih belum pernah memainkan Call of Duty sama sekali. Tapi kalau kamu sudah terbiasa dengan mekanisme tersebut, maka kami yakin kamu akan merasa bahwa sebenarnya sistem tersebut cukup keren. Saat kamu berhasil meningkatkan level karakter kamu, secara otomatis kamu akan mendapatkan 1.000 CoD Points yang bisa kamu gunakan untuk membeli apa saja yang kamu inginkan. Bisa dikatakan, mode tersebut memungkinkan kamu untuk memainkan game tersebut sesuka kamu. Tapi yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu adalah bahwa apabila kamu sudah membeli barang tertentu, maka kamu tidak akan bisa menjualnya lagi.

Salah satu mode baru yang disertakan disini adalah Wager Match yang akan memperlihatkan kepada kamu betapa pentingnya CoD Points. Mode tersebut, menurut kami, juga sangat menyenangkan untuk dimainkan. Sedangkan dalam mode-mode yang sudah biasa ada seperti Team Deathmatch, Domination dan Headquarters masih akan tetap kamu temukan dan mode-mode tersebut merupakan mode yang paling cocok untuk kamu gunakan sebagai sarana meningkatkan level. Apabila kamu berhasil mencapai level 50, ada satu mode yang bisa kamu gunakan apabila kamu menginginkan tantangan tambahan, yakni Prestige Mode.

Dengan adanya CoD Points ini, memang secara otomatis telah membuat sistem kustomisasi dalam Black Ops ini menjadi lebih beragam lagi. Sekarang, kamu tidak hanya akan bisa mengkustomisasi pangkat dan emblem kamu saja, tapi kamu juga bisa menuliskan tag untuk clan kamu di setiap senjata, merubah warna dan penampilan dari retikul pembidik kamu dan lebih banyak lagi. Tentu saja semuanya itu akan mewajibkan kamu untuk menghabiskan CoD Points, jadi memang kamu membutuhkan banyak sekali CoD Points apabila kamu ingin bisa melakukan kustomisasi sesuka kamu.

Nah, untuk membantu kamu mengisi tabungan kamu dengan CoD Points, Treyarch telah mengikutsertakan sistem kontrak dimana kamu bisa menginvestasikan sejumlah kecil poin, kemudian berusaha untuk menyelesaikan beberapa objektif yang ada. Apabila kamu berhasil menyelesaikan itu semua, maka kamu akan mendapatkan pemasukan yang cukup memuaskan. Setelah kamu masuk ke dalam sebuah pertempuran, kamu bisa melihat dengan mata kepala sendiri bahwa desain level yang ada di game ini memang terlihat begitu dinamis. Salah satu contohnya adalah Firing Range. Setiap kali kamu memulai permainan baru, maka boneka sasaran juga akan mengalami perubahan posisi.

Tambahan yang cukup menyenangkan lagi adalah adanya sistem Theater yang memungkinkan kamu untuk merekam dan meng-edit hasil rekaman kamu itu. Ya, kamu tidak salah baca. Kamu bisa mengambil bagian dari sebuah rekaman yang paling membanggakan kamu, menyembunyikan beberapa adegan kematian kamu yang memalukan dan kemudian setelah selesai edit, langsung dibagikan kepada teman kamu. Menurut kami, mode yang satu ini memang benar-benar keren. Sayang, semua klip tersebut hanya bisa kamu masukan secara spesifik ke dalam situs resmi Call of Duty saja.



Di luar mode permainan multiplayer, kamu akan menemukan kembali salah satu mode yang paling ditunggu-tunggu oleh gamer, yakni mode Nazi Zombies. Treyarch memang benar-benar mengerti bahwa para penggemar game ini sudah cukup lama mengidamkan mode tersebut dan Treyarch telah melakukan tugasnya dengan baik untuk mengembangkan fitur tersebut sedemikian rupa, sehingga menjadi lebih mantap lagi dibandingkan sebelumnya.



Dalam Black Ops, kamu bisa mendapatkan tiga jenis Nazi Zombies. Tipe yang pertama adalah tipe dimana kamu aidharuskan untuk bertahan di sebuah gedung pertunjukan tua. Mode yang kedua akan menempatkan kamu ke dalam empat orang yang telah ditunjuk seperti JFK, Fidel Castro, Richard Nixon dan juga Robert McNamara. Di dalamnya, kamu akan menemukan banyak sekali dialog-dialog kocak yang belum pernah kamu temukan sebelumnya. Nah, dua mode pertama dari Nazi Zombies ini sama sekali tidak akan bisa digunakan untuk menggambarkan game seperti apakah Black Ops ini. Beda halnya dengan mode yang ketiga, dimana menurut kami merupakan mode yang paling keren dan paling berbeda. Penasaran? Mainkan saja sendiri dan buktikan sendiri. Kami tidak akan membocorkan permainan seperti apakah yang akan kamu temukan dalam mode ketiga tersebut.

Masalah gambar, sudah tentu merupakan salah satu kekuatan lain yang membuat
Black Ops ini begitu istimewa. Memang terkadang ada sedikit glitch di sana-sini, tapi bukan berarti lantas semuanya itu bisa membuat permainan kamu terganggu. Jujur, kami meragukan hal tersebut karena setiap saat, kamu akan selalu dikejutkan dengan ledakan di semua tempat. Jadi, daripada mengkhawatirkan detil yang menurut kami sama sekali tidak mengganggu permainan, lebih baik kamu mulai berkonsentrasi untuk menyelamatkan diri dari serangan musuh yang membabi buta.


Komentar terakhir dari kami, Black Ops merupakan sebuah game yang benar-benar wajib untuk dimainkan oleh para penggemar berat Call of Duty. Hasil pekerjaan dari Treyarch itu memang benar-benar sempurna dan jalan ceritanya merupakan jalan cerita paling keren dan bagus yang pernah kami temui selama ini. Gabungkan itu semua dengan mode Nazi Zombie dan kamu akan menemukan bahwa nyaris tidak ada game lain yang bisa menandingi hasil jerih payah dari Treyarch. 



No Response to "Call of Duty: Black Ops"

Leave a Reply

makasi atas saran dan infonya

 
powered by Blogger | For Blogservices